Beranda | Profil | Bagikan | Masuk ke Facebook
Mau nonton sambil komentar atau like status teman facebook anda, silahkan klik >> | TV ONLINE

Cari Blog Ini

Membuat Postingan

Buat Sobat yang ingin belajar bersama membuat Blog, sebelumnya Aku pernah bahas tentang Cara Membuat Blog, apakah Sobat sudah punya Blog?? kalau belum silahkan klik disini,  Nah.. Sekarang di sini kita bahas cara membuat Posting atau Artikel di Blog.
Membuat postingan atau Artikel itu memang tidak mudah karna kita harus mempunyai inspirasi tersendiri dan mempunyai rasa percaya diri, pasti Sobat berpikir dari mana memulainya dan Artikel apa yang harus di tulis.
Ada sedikit Tips dari pengalaman Aku saat pertama kali membuat Postingan mungkin ini bisa membantu Anda.
Cobalah Sobat berkunjung di Blog dan Copy salah satu Artikelnya dan paste di Notepad, setelah itu silahkan Sobat contoh Artikel tersebut sambil mengetiknya di menu Postingan dengan berulang kali sampai anda lancar dan merasa tidak gugup setelah itu ubahlah sedikit demi sedikit isi Artikel tersebut sampai berubah total.
Ok..Kita langsung saja ke Topik utama yaitu Cara Membuat Posting
Untuk Membuat Posting Langkah-langkah yang harus di lakukan yaitu:
  • Seperti biasa Sobat Login di Blognya
  • Pada Panel Control blogger.com, silahkan klik Posting baru.
  •  Di Tab Posting Sobat akan menemukan kolom yang bertuliskan "Judul" yang artinya Sobat harus mengisi judul Artikel yang nantinya akan di Posting.
  • Di Toolbar Posting ada beberapa Form seperti di bawah ini:
>> Untuk merubah jenis hurup yang di gunakan

>> Untuk merubah ukuran hurup (heading)

>> Untuk Menebalkan hurup

--> Untuk memiringkan hurup

--> Untuk merubah warna hurup

>> Untuk membuat link

>> Untuk membuat artikel menjadi rata kiri

>> Untuk membuat tulisan menjadi di tengah

>> Untuk membuat artikel menjadi rata kanan

>> Untuk membuat artikel menjadi rata kiri dan rata kanan

>> Untuk membuat sub bahasan oleh angka

>> Untuk membuat sub bahasan oleh bullet

>> Untuk mengecek spelling

>> Untuk memasukan gambar(upload gambar)

>> Untuk membuat artikel dalam kode HTML

>> Untuk membuat artikel dalam mode Compose (biasa)

>> Untuk me review (melihat) artikel
Cara penggunaan toolbar di atas adalah blok (beri tanda) terlebih dahulu tulisan yang akan di edit, kemudian tekan tombol toolbar yang di inginkan.
  • Pada Kolom yang agak besar di situlah tempat Sobat meletakkan artikel. Saran; gunakan mode compose untuk mempermudah penulisan. Karena pada mode kompose ini, apa yang nampak itulah bentuk asli postingan anda nantinya. Tetapi bagi Sobat yang sudah mahir, lebih mudah menggunakan edit HTML. 
  • Jika Sobat sudah selesai membuat artikel,Sobat bisa klik pratinjau untuk melihat bentuk postingan Sobat, dan sekaligus menge-cek penulisa huruf (spelling)
  • Pada pilihan Posting, isikan sesuai dengan keinginan Sobat. Jika pada form komentar pembaca Sobat set "ijinkan" maka secara default, tulisan Sobat dapat dikomentari (direspon / diberi tanggapan) oleh pembaca Sobat. Jika pada Form Link Balik Sobat Set "ijinkan" maka bagi komentator akan mendapatkan link balik dari tulisan Sobat ini. Pada Form tanggal dan waktu, biarkan saja, nggak usah dirubah. Karena biasanya tanggal dan waktu ini di-set realtime oleh blogger. Tetapi tidak menutup kemungkinan Sobat merubah tanggal dan waktu ini sesuai kehendak Sobat.
  • Pada Form labels, isikan label atau kriteria, atau kategori dari artikel Sobat. Misalnya Sobat menulis tentang "Cara Membuat Blog" maka anda dapat menuliskan labels untuk artikel ini, dengan label :"Tips Blog". Fungsi dari labels ini adalah; mgelompokkan artikel yang mempunyai tema / pokok bahasan serupa (misalnya tentang Cara Membuat Teks Berkedip dsb)
  • Klik mempublikasikan posting jika Sobat yakin artikel Sobat sudah selesai diedit.
Nb : Sebagian dari artikel ini aku ambil dari Sawasanganam.com
Nah... sekarang Cara Membuat Posting sudah selesai.
Selamat Mencoba Mudah-mudahan Artikel ini bermanfaat buat para sobat Blogger...

Artikel Terkait:

meebo